Minggu, 03 Mei 2009

TEHNIK PEMBESARAN BEBEK MUDA


-->
Panen dalam 6 – 8 minggu.
Berkembangnya restoran / rumah makan bebek dalam tahun-tahun terakhir membuka peluang pasar bagi itik pedaging. Mampukah peternak bebek/itik menjawabnya?

Selama ini kebutuhan akan daging bebek (itik) untuk warung dan resto penyedia menu bebek diperoleh dari pemotongan bebek petelur muda atau bebek yang sudah afkir. Tentu saja kualitas dagingnya tidak sebaik daging bebek yang memang dikembangkan sebagai pedaging. Jadi, dalam memasaknya perlu kiat tersendiri agar daging tersebut empuk dan tidak liat. Pasokan bebek pedaging bukannya tidak ada tetapi jumlahnya masih amat terbatas dibandingkan angka kebutuhan. Oleh karena itu, ini menjadi peluang bagi peternak bebek untuk beralih dari peternak bebek telur menjadi bebek pedaging. Hal ini dikarenakan beberapa hal yaitu : bebek cepat panen sehingga uangpun cepat didapat.
Namun, usaha pembesaran bebek menjadi bebek pedaging bukanlah hal yang mudah. Butuh tehnik khusus yang harus diterapkan agar bebek muda yang kita harapkan bias cepat panen dengan berat yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Ada beberapa hal yang harus diketahui dalam usaha pembesaran bebek.

Bibit Bebek (DOD)
Untuk DOD kita harus mencari pada supplier DOD. Untuk menghindari kematian yang tinggi carilah DOD yang sudah berumur 3-5 hari meskipun harganya sedikit lebih mahal. DOD yang bagus memiliki cirri bulunya sehat, bentuknya tidak kerdil dan umur penetasannya antara 27 – 29 hari. Jika kurang atau lebih dikhawatirkan perkembangannya kurang maksimal atau pertumbuhannya lambat. DOD dari umur 1 – 15 hari diberi pakan concentrate 511 dan Vitamin B komplek. Hal ini agar DOD kita menjadi kuat, tahan penyakit.
Kandang.
Kandang untuk pembesaran DOD umur 1 -15 hari hendaknya terpisah dengan pembesaran bebek diatas umur 15 hari. Hal ini untuk menghindari kematian. Kandang untuk DOD bisa berukuran 5 x 5 untuk kapasitas 500 ekor. Lantai diberi jerami dan diganti setiap 3 – 5 hari sekali. Sebagi penghangat hendaknya diberi lampu neon 100 watt. Setelah umur lebih dari 15 hari, DOD dipindah ke kandang yang lebih sederhana. Lantainya langsung tanah saja, diberi bak air kecil (jangan terlalu besar ). Pagar tidak usah terlalu tinggi, cukup 50 cm saja.

Pakan.
Pemberian pakan untuk DOD adalah 511 dan Vitamin B komplek serta Susu CMR. Dalam usia 1 -15 hari pakan diberikan 3 kali yaitu jam 06:00 pagi, jam 12:00 siang serta jam 17:00 sore. Jika DOD sudah berumur lebih dari 15 hari bisa diberikan pakan konsentrat 144 dicampur dengan dedak halus dengan perbandingan 1:2. Bisa juga ditambahkan tepung ikan dan beberapa sumber pakan yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar seperti : bekicot, kepala udang, keong ataupun kepiting sawah / yuyu. Semua sumber pakan ini harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum dicampur dengan konsentrat dan dedak halus. Jadwal Pemberian pakan untuk bebek yang sudah berumur lebih dari 15 hari sama saja dengan jadwal pemberian pakan DOD usia dibawah 15 hari.

Penyakit.
Ternak pembesaran bebek sebenarnya cukup mudah karena bebek sangat jarang terkena penyakit. Penyakit yang sering menyerang ternak bebek adalah flu namun hal ini dapat diatasi dengan pemberian TRIMIZYN dengan perbandingan 1 kaplet Trimizyn + 1 liter air.


Salam Peternak

9 komentar:

  1. JUAL DOD ITIK SOLO JANTAN HARGA
    3000 SAMPAI KOTA TUJUAN. BERMINAT
    HUBUNGI: 085743639453 (BISA SMS)

    BalasHapus
  2. Salam kenal pak saya topik dari bogor saya peternak bebek baru belajar pak...untuk awal saya coba ternak 50 ekor saya beli bebek sudah umur 1 minngu dan sekarang umur bebek saya sudah umur 47 hari pemberian makan secara abaltum dengan menggunakan pakan 2 minggu 1/2 dengan BRS 511 setelah itu menggunakan Sipping campuran(dedak,tepung ikan,dan jagung)pertanyaannya kenapa perkembangan bebek saya tidak merata ya beratnya 06 s/d 1 kg dari 50 ekor mati 7 mohon masukannya pak pakan apa yang harus saya berikan kalau sekiranya bapak tidak keberatan tolong kirimkan panduan ternak ke email saya. topiksaleh_tpk@yahoo.com hp.02191683941 thnaks Taopik S

    BalasHapus
  3. untuk pemberian pakan tepat pukul 12.00 siang apakah itu tidak mengurangi efisiensi PBBH, krn wktu siang hari bebek merasa kepanasan dan membutuhkan energi untuk mengeluarkan panas tersebut klo d kasi makan mlah panas smakin bertambah, jadi pakanya malah di pake si bebek untuk painting,.

    BalasHapus
  4. Saya didit solo, saya punya lahan 800 m2 di kota solo, mohon kerjasama nya, bagaimana agar bisa saya manfaatkan untuk ternak bebek potong. langkah2 awalnya bagaimana? lahan diatasnya sudah ada bangunan los. email diditmasxun@gmail.com

    BalasHapus
  5. saya avenroosyd dari jogjakarta,
    baru2 ini saya coba belajar berternak bebek
    saya beli DOD 200 ekor yg berumur 3 hari, mohon bantuannya untuk cara pembesaran yg benar mulai dari pakan,kandang dan perawatan
    janokoray@gmail.com

    BalasHapus
  6. Pakan Tepung Komplit BR-101 untuk Itik / Ayam Pedaging
    Salam kenal..
    Harga pakan yang terus naik tidak sebanding dengan harga jual telur bebek. Masalah klise ini terus berulang tanpa solusi yang tepat untuk membangkitkan para peternak Itik. Akibatnya mereka sulit mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik.
    Pakan merupakan kebutuhan pokok dalam suatu usaha peternakan . Sekitar 70% biaya yang harus dikeluarkan merupakan biaya pakan, sehingga kualitas pakan perlu mendapatkan perhatian bagi setiap peternak Itik Pedagig. Semakin baik kualitas pakan yang diberikan ternak, maka semakin baik pertumbuhan itik . Selain berkualitas baik, pakan juga harus murah, sehingga memberikan keuntungan bagi peternak. Pakan yang mahal, sekalipun berkualitas baik, akan kurang menguntungkan bagi peternak. pakan tepung komplit BR-101 merupakan jawaban dari masalah tersebut. Selain berkualitas , juga berharga murah, sehingga terjangkau dan memberikan keuntungan bagi peternak.
    Dalam upaya membantu peternak, kami memproduksi Pakan Tepung Komplit BR-101 dengan harga yang terjangkau .
    Harga Pakan Tepung Komplit BR-101 Rp. 230.500/sak
    Bahan baku yang di pakai BR-101:
    Tepung Ikan,Bungkil Kedelai,Tepung Tulang Sapi,Formula Probiotik,Vitamin dan Trace Mineral.
    Kandungan Nutrisi :
    Protein 20% - 21%
    Lemak kasar Mak. 5%
    Serat Kasar Mak. 5%
    Kalsium Min. 1,2%
    Phospor Min. 0,4%

    Aplikasi pemakaian:
    I. Fase Starter. 1 - 10 hari.
    - Campuran pakan : BR.511 (phokpand) murni.

    II. Fase Grower. 11 - 20 hari.
    - campuran pakan : BR.1 (comfeeds) : BR-101. perbandingan ( 1 : 1 )

    III. Fase Peralihan 21 - 30 hari.
    - campuran pakan : BR.1 (comfeeds) : BR-101. Perbandingan ( 1 : 2 )
    IV. Fase Finisher 31 - 40 hari.
    - campuran pakan : BR. 1 (comfeeds) : BR-101. Perbandingan ( 1 : 3).

    **. Pada usia 30 hari bobot itik bisa mencapai 1,2 kg
    **. Pada usia 60 hari bobot ayam kampung pedaging bisa mencapai 0,9 kg.Setelah menggunakan campuran pakan tepung komplit BR-101, ada penghematan biaya pakan. Peternak bisa membuktikannya.
    Kami berkomitmen menjadikan produk dan pelayanan dengan mutu terbaik bagi pelanggan, sehingga memberi manfaat besar bagi peternak.

    CV. Tepung Emas
    Contack Person : TANTO
    Tilp: 031-70889819,08121740404,08175003911
    Email: hartanto_te@yahoo.co.id atau hartanto.te@gmail.com
    YM : hartanto_heru_p@yahoo.co.id


    BalasHapus
  7. saya rocky, di kediri daerah bandar
    saya butuh supaier bebek siap konsumsi pak
    berat 1 ekor = 1,3 kg
    harga ambil sekitar Rp.19.000
    mohon contact person yang bisa di hubungin pak..?
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  8. saya lagi cari dod bebek sekitar boyolali.yang punya info tolong sms ke 081902850693

    BalasHapus
  9. Saya baru mau memulai. Apa.ada yang mau berbagi wawasan nya.... dan bisa di bantu untuk petunjuk pendapatan bibit yang mudah.

    BalasHapus